Minggu, 29 Januari 2012

Membuat Bom Busa


Sobat sains tentu sering mendengar tentang bom, ya benar,  namun jangan khawatir yang kita akan jadikan proyek sains kali  ini tidak berbahaya, alih – alih menimbulkan luka, bom yang kita akan buat kali ini hanya akan membuat badan kita basah, itupun kalau kita tidak berhati – hati.
nah sobat sains sudah mulai penasaran bukan, baiklah langsung saja, untuk membuat bom busa, dibutuhkan bahan – bahan dan alat sebagai berikut
  • Air
  • Koran sebagai alas
  • Larutan cuka
  • Baking soda
  • Plastik bening berpenutup
  • diterjen dan pewarna
  • Tisu
Setelah ada bahan bahan tersebut, lakukan dengan prosedur sebagai berikut..
  1. Campurkan air, cuka , pewarna makanan (tergantung kalian mau warna apa), dan diterjen kedalam plastik transparan. bag
  2. Tisu dilebarkan, kemudian taruh satu sendok teh baking soda ke atasnya dan kemudian llipat kembali tisu sehingga, baking soda terlapisi oleh tisu.
  3. Kemudian ini bagian yang menarik, masukkan tisu yang berisi baking soda ke dalam plastik berisi campuran cuka, air yang sudah disiapkan, dan dengan cepat tutup penutup plastik tersebut .
  4. Setelah itu kocok plastik dan taruh di tempat yang aman dalam hitungan detik…… Duar ! busa akan memenuhi plastik dan plastik pun meledak…
bomb
Nah bagaiamana, gampang bukan… kalau kalian tidak percaya silahkan dibuktikan sendiri dirumah. tapi ingat ya, jangan melakukan percobaan ini di dalam rumah, tapi lakukanlah di halaman, atau jika tidak lakukanlah di kamar mandi. harap untuk menggunakan baju siap kotor karena busa berwarna akan menyebabkan baju kalian kotor dan jika terkena baju putih nodanya mungkin sulit dibersihkan.
kalau Sobat sains masih penasaran lakukan ulang pecobaan ini dengan berbagai macam variasi :
1. coba gunakan plastik transparan dengan ukuran yang lebih besar.. apakah kamu perlu menambahkan baking soda, cuka dan air untuk membuat kantong meledak..?
2. pada percobaan normal air yang digunakan adalah air dengan temperatur biasa, apa yang terjadi kalau kalian menggatinya  dengan menggunakan air panas ataupun air dingin..?
3. ganti tisu dengan berbagai macam kertas lain seperti kertas koran, karton, buku tulis dll, apakah akan ada pengaruhnya terhadap ledakan…?
nah sekarang coba kalian tebak, kira – kira mengapa kantong tersebut bisa meledak … ? mau tau jawabannya, coba sobat sains tanyakan kepada teman, orang tua atau guru sains di sekolah, setelah itu tuliskan komentar kalian di bawah ini…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar