Minggu, 29 Januari 2012

Gunung Berapi


Ada banyak cara membuat simulasi gunung berapi, salah satu cara yang paling mudah dan paling
terkenal adalah dengan menggunakan soda dan cuka. Percobaan ini aman, tidak beracun dan bahannya mudah didapat.




Bahan yang dibutuhkan:

1. Air panas
2. Soda kue
3. Cuka
4. Sabun cair
5. Pewarna makanan
6. Tepung (tanah liat)
7. Botol

Caranya:

1. Buatlah sebuah gunung yang berbentuk kerucut dengan menggunakan botol dan adonan tepung (atau tanah liat). Letakan botol di tengah, kemudian lapisi dengan adonan tepung. Buatlah berbetuk kerucut seperti gunung. Usahakan ujung botol jangan tertutup oleh adonan. Karena ujung botol akan dijadikan tempat untuk memasukkan bahan-bahan lainnya.

2. Masukan air panas kedalam botol hingga setengahnya. Air panas digunakan karena air panas dapat mempercepat reaksi daripada air dingin.

3. Tambahkan sedikit sabun cair dan soda kue kedalam botol.

4. Untuk membuat erupsi, tambahkan cuka kedalam botol. Agar lebih menarik cuka atau air dapat diberi warna dengan pewarna makanan.

5. Erupsi terjadi ketika cuka ditambahkan kedalam botol.

Penjelasan:

Soda kue adalah sodium bikarbonat dan cuka adalah asam lemah. Campuran kedua bahan kimia ini akan membentuk karbon dioksida yang berbentuk gas. Karbon dioksida yang dihasilkan berusaha untuk keluar dari botol. Dengan adanya sabun cair, maka akan terbentuk gelembung-gelembung kecil. Sehingga erupsi yang terjadi menyerupai lava yang sebenarnya.

Gas karbon dioksida yang dihasilkan oleh model gunung berapi ini sama dengan proses yang terjadi pada gunung berapi yang sebenarnya. Semakin banyak karbon dioksida, semakin besar tekanannya, semakin banyak lava, semakin besar pula erupsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar